Shadow

4 Kuliner Unik Asal Indonesia Ini Paling Populer

Kuliner Unik Indonesia
Kuliner Unik Indonesia

Berbicara tentang kuliner di Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Setiap tempat seakan-akan memiliki makanan khas daerahnya masing-masing dan berbeda satu dengan yang lain, baik dari segi bahan baku, model makanan, sampai ada rasanya. Beberapa makanan dan masakan Indonesia nyatanya juga telah mampu menembus pasar dunia dengan cita rasa yang kaya. Seperti rendang. Sebagaimana yang Anda sekalian ketahui bahwa rendang adalah masakan dengan daging dan kuah yang kental, nikmat disajikan dengan nasi hangat dan beberapa menu lain yang punya rasa mirip di lidah. Namun, rendang betapapun bahan dasar yang digunakan tidak terlepas dari rempah-rempah dan kaya bumbu dapur, akan tetapi cita rasa dari rendang sendiri tidak ada yang bisa menandingi. Tidak heran jika masakan khas Indonesia ini masuk nominasi masakan tingkat dunia.

Selain rendang, ada juga nasi goreng yang sudah terkenal sampai Amerika mengingat presiden Amerika yang sempat tinggal di Indonesia semasa kecilnya, memviralkan nasi goreng sebagai makanan kesukaannya. Meskipun bukan makanan asli Indonesia, namun makanan ini nyatanya telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dicap sebagai makanan khas Indonesia. Dari dua makanan itu ada beberapa menu kuliner lain yang ternyata tidak kalah populer dari rendang dan nasi goreng. Adapun makanan-makanan tersebut yaitu:

Krupuk

Siapa sekarang masyarakat Indonesia yang tidak dekat dengan kuliner yang satu ini? Hampir setiap kali makan, beberapa orang tidak bisa lepas dari krupuk. Krupuk seakan menjadi menu yang tidak boleh ditinggalkan ketika makan, ngemil, belajar, dan lain sebagainya. Krupuk merupakan menu ringan dan tersedia dimana-mana, dengan harga murah dan terjangkau. Biasanya krupuk selalu bersanding dengan sambal saos, kecap, trasi, dan lain sebagainya. Ini merupakan menu segala umur, tidak membedakan kaya miskin, muda maupun tua, atau berpendidikan atau tidak, semua sama saja. Krupuk seakan jadi penyatu paling tepat untuk seluruh masyarakat di Indonesia dari sabang sampai merauke.

Baca Juga :   5 Wabah Pandemi Mematikan Yang Pernah Terjadi, Selain Corona

Nasi Padang

Makanan ke dua ini mungkin adalah kuliner yang sering Anda temui di manapun. Di sekitar kampus, di sekitar rumah, di wilayah perkotaan. Biasanya warung ini bernama β€˜Warung Masakan Padang’ dan menjajakan menu-menunya di piring-piring yang disediakan dengan banyak varian lauk mulai dari ayam, ikan laut, sayur, telur dan tempe. Masakan padang yang viral dari tahun ke tahun ini nyatanya tidak pernah surut pembeli dan telah banyak membuka cabang. Uniknya adalah, masakan padang ini di daerah asalnya yakni Padang, justru hampir tidak ditemukan.

Sambel

Nah, kuliner yang satu ini tidak bisa untuk tidak dinikmati oleh masyarakat yang asli Indonesia. mayoritas masyarakat Indonesia adalah penyuka sambal. Baik di desa maupun kota, sambal adalah entitas yang wajib ada. Terlebih di warung-warung makan, pasti menyediakan macam-macam sambal dengan tingkat kepedasan yang berbeda. Ada banyak jenis dan macam sambal yang biasanya dihidangkan yakni sambal terasi, sambal tomat, sambal petis, sambal mangga, sambal kecap, dan lain-lain. Seakan-akan masyarakat kita ini tidak bisa dipisahkan dengan cabai, mengingat bahan dasar sambal adalah cabe dengan beragam jenis dan tingkatan.

Rengginang

Pernah dengar meme soal toples PHP? Toples yang dikatakan pemberi harapan palsu ini paling banyak ada ketika hari raya tiba, dimana masing-masing rumah umat muslim akan dipenuhi dengan jajanan untuk disuguhkan kepada tetangga yang datang berkunjung. Nah, di dalam toples tersebut ternyata memang tidak terisi dengan yang seharusnya, tapi berisi rengginang. Ini tentu menjadi tipuan para tetangga yang ingin mencicipi wafer tapi justru dapat rengginang. Alhasil rengginang menjadi penganan yang viral.

Tinggalkan Balasan

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian