Shadow

5 Tips Mencegah Aplikasi Berbahaya Masuk Android

Tips Mencegah Aplikasi Berbahaya Masuk Android
Tips Mencegah Aplikasi Berbahaya Masuk Android

Android Anda baru? Atau sudah dalam pemakaian jangka waktu lumayan lama? Sehatkah Android Anda? Ayo lindungi Android Anda apapun keadaannya, baik baru atau sudah lama. Semua perlu dilindungi dari aplikasi-aplikasi berbahaya yang bisa mengancam semua memori yang tersimpan di Android Anda.

Lakukan 5 Langkah Ini Agar Android Anda Aman dari Virus

Ancaman aplikasi berbahaya ini tidaklah main-main dan sangat riskan terhadap semua kata kunci Anda. Di bawah ini akan diulas 5 tips mencegah aplikasi berbahaya masuk Android Anda di saat Anda tidak menyadarinya.

1.     Jangan Lupa Memasang Aplikasi Anti Virus

Komputer saja butuh anti virus, apalagi smartphone Android Anda? Anti virus ini harus terinstal dan terupdate secara rutin pada ponsel pintar Android Anda. Kalau perlu, silahkan diperbarui anti virusnya setiap minggu.

Dapatkan anti virus yang resmi atau yang sudah direkomendasikan ponsel Android Anda, jangan menginstal anti virus bajak karena sangat riskan dari pembobolan data pribadi Anda di kemudian hari.

2.     Selalu Periksa Perizinan Aplikasi Terinstal

Aplikasi yang Anda butuhkan dalam ponsel Android Anda dan telah terinstal dalam ponsel, ada baiknya menelaah kembali setiap persetujuan untuk izin aplikasi tersebut mengakses data di telepon Anda.

Anda harus jeli, contohnya Anda menginstal aplikasi musik dimana musik ini tidak ada hubungannya dengan nomor kontak Anda maka Anda boleh menolak tawaran untuk perizinan  akses ke smartphone Android Anda. Jangan pernah ceroboh dengan klik ‘terima’ langsung saat verifikasi izin akses.

3.     Jangan Pernah Mengkloning Aplikasi

Jangan pernah kepikiran untuk mengkloning aplikasi yang sudah ada karena diragukan keamanannya. Ini dikarenakan aplikasi yang telah dikloning sudah ada modifikasi dari developernya. Dengan adanya modifikasi tersebut tidak menutup kemungkinan akan ada celah buat orang yang tidak bertanggung jawab untuk memasuki atau meretas akun Anda atau data penting Anda.

Baca Juga :   Ini HP Android Harga 3 Jutaan Paling Hits

Selain termasuk pelanggaran hak cipta kreasi, mengkloning juga rawan terselipi kode berbahaya. Kode ini bisa mengunci aksesibilitas Anda terhadap smartphone Anda yang pada akhirnya Anda harus mereset memori smartphone Android Anda.

4.     Hanya Menginstal Aplikasi Lewat Google Playstore

Untuk mengunduh aplikasi pada Android telah disediakan playstore atau Google playstore, jadi jangan sampai menggunakan aplikasi lain. Risiko akan semakin kecil jika Anda menggunakan aplikasi resmi yang telah disediakan oleh Android.

Potensi disisipi aplikasi berbahaya akan semakin besar. Aplikasi yang dihasilkan dari akun unduhan tidak resmi akan menimbulkan virus bagi smartphone Android Anda. Memang pada awal permulaan, aplikasi akan terlihat sempurna dan menarik. Namun, lambat laun akan menggerogoti sistem Android Anda.

5.     Update Selalu Android Anda

Pembaruan terbaru biasanya akan langsung disediakan oleh pemilik sistem Android. Hak ini berlaku bukan hanya untuk sistem Android tingkat atas melainkan, saat ini, beberapa tingkat menengah juga menyertakan pembaruan otomatis.

Ini dimaksudkan bahwa dengan adanya pembaruan, aplikasi berbahaya lain kesulitan untuk memasuki sistem Android smartphone Anda. Pembaruan ini akan membuat smartphone Anda lebih canggih setingkat atau beberapa tingkat dari sebelumnya. Jadi, jangan ragu untuk klik pembaruan di smartphone Anda ya.

Sekitar 74% Android telah digunakan oleh manusia, maka wajib bagi Anda untuk mengikuti tips di atas sedini mungkin. Semua itu bertujuan agar semua data yang ada pada ponsel Android Anda aman dan tidak terbobol pihak lain. Jangan terlambat menyadarinya karena data yang hilang tidak akan kembali sama sekali kepada Anda.

Tinggalkan Balasan

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian