9 Wisata Asik Low Budget Dekat Stasiun Tugu Jogja

9 Wisata Asik Low Budget Dekat Stasiun Jogja
9 Wisata Asik Low Budget Dekat Stasiun Jogja

Jika anda berlibur di Kota Jogja dengan menggunakan kereta api dan hanya memiliki waktu terbatas untuk berlibur, tak perlu khawatir, ada banyak wisata dekat stasiun kereta api Jogja yang juga menarik untuk dikunjungi. Atau anda menginap di sekitar kawasan pusat kota dan tak ingin bepergian jauh-jauh, maka tempat wisata ini akan sangat pas untuk anda. meskipun berada di tengah kota sekalipun, wisata-wisata ini juga memiliki daya tarik tersendiri yang tak boleh diremehkan. Apa sajakah itu? Berikut ini list wisata di pusat kota yang tak jauh dari stasiun.

1. Kawasan Jalan Maliboro

Wisata Jogja Jalan Malioboro
Wisata Jogja – Jalan Malioboro

Begitu keluar dari Stasiun Tugu Jogjakarta, anda bisa langsung sampai di kawasan Maliboro, yang menjadi pusat perbelanjaan populer di kota Jogja. Surga belanja ini rasanya tak pernah sepi pengunjung, baik pagi, siang, sore, hingga malam hari sekalipun ada banyak hal menarik yang ada di sini. Berbagai kerajinan batik, kesenian, barang-barang antic, hingga makanan khas berjejeran memenuhi jalan yang ada di kawasan Maliboro. Jika di  pagi hingga sore hari, anda bisa menemukan penjual yang menjajakan berbagai barang seperti kaos, batik, gantungan kunci dan lainnya. namun saat malam tiba, kawasan ini akan dipenuhi dengan kuliner-kuliner yang lezat serta ditemani berbagai pertunjukan dari komunitas-komunitas yang semakin meramaikan suasana malam hari kota Jogja.

2. Pasar Beringharjo

Wisata Jogja -Pasar Beringharjo
Wisata Jogja -Pasar Beringharjo

Tak jauh dari kawasan Malioboro, anda bisa menyusuri di bagian Selatan Maliboro dan menemukan pasar Beringharjo. Pasara yang sudah eksis semanjak tahun 1758 silam ini memang menarik banyak perhatian, termasuk wisatawan yang berlibur di koa Jogja. Meskipun banyak sekali pasar modern hingga pusat perbelanjaan yang ada di sekitarnya, namun pasar ini tetap ada dan berjalan kini. Cobalah untuk berhenti sebentar di pasar ini sambil mencicipi berbagai macam kuliner lezat disini, seperti Pecel Kembang Turi misalnya. Selain itu anda juga bisa berbalanja berbagai macam oleh-oleh khas Jogja seperti batik, hasil kerajinan tangan, jejamuan, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga :   Empat Wisata Unik Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Indonesia

3. Tugu Jogja

Wisata Jogja - Tugu Jogja
Wisata Jogja – Tugu Jogja

Wisata dekat stasiun Jogja lainnya yang juga direkomendasikan adalah kawasan Tugu Jogja. Monument ini awalnya memiliki tinggi 25 meter dan dibangun pada tahun 1755 di masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I yang menjadi simbol persatuan rakaya Jogja ketika melawan bangsa Belanda. Kini tempat ini tak hanya sekedar tempat bersejarah saja. Namun menjadi objek wisata yang cukup ramai dikunjungi, terutama saat sore atau malam hari. Banyak warga lokal dan wisatawan yang datang untuk berfoto serta menikmati suasana khas dari kota Jogja ini. penataan lampu yang apik serta keramaian kota Jogja di malam hari tentunya akan memberikan pengalaman tersendiri. Biasanya banyak orang yang datang untuk berfoto dengan latar belakang Tugu. Di sekitar kawasan Tugu Jogja juga banyak angkringan-angkringan yang menjual berbagai makanan lezat.

4. Titik Nol Kilometer

Wisata Jogja - Titik Nol Kilometer
Wisata Jogja – Titik Nol Kilometer

Tak jauh dari stasiun Tugu, wisata yang satu ini bisa dikatakan sebagai wisata hits tempatnya nongkrong kaum muda. Berada di bagian selatan Maliboro, sebenarnya titik 0 km merupakan perempatan besar yang memiliki pelataran luas untuk pejalan kaki dan wisatawan yang sedang menikmati suasana Jogja. Ada banyak tempat duduk yang tersedia di sekitaran bangunan unik ini yang sering dijadikan tempat berfoto. Anda bisa bebas untuk duduk santai sambil menikmati suasana kota Jogja sepuasnya karena tempat ini buka 24 jam.

5. Benteng Vredeburg

Wisata Jogja - Benteng Vredeburg
Wisata Jogja – Benteng Vredeburg

Sekitar 350 m dari Pasar Beringharjo, anda bisa menemukan sebuah bangunan tua bersejarah yang hingga kini masih kokoh berdiri. Bernama  Benteng Vredeburg, yang merupakan benteng dengan loji tertua yang ada kawasan Malioboro. Disini anda bisa melihat cerita perjuangan masyarakat kota Jogja dalam melawan penjajah. Di dalam bangunan ini juga terdapat museum yang memiliki beberapa koleksi seperti patung, karya seni, bangunan, serta berbagai senjata peninggalan dari jaman Belanda. Setelah puas berkeliling dan berfoto-foto, anda bisa menikmati makan siang di sebuah kafe yang letaknya di dalam benteng bernama Indische Koffie. Kafe ini menawarkan suasana klasik nan elegan yang sangat menyatu dengan bangunan bersejarh ini. menu-menu yang disajikan juga sangat beragam, mulai dari menu Indonesia hingga menu khas Eropa.

Baca Juga :   Empat Wisata Unik Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Indonesia

6. Taman Pintar

Wisata Jogja - Taman Pintar
Taman Pintar

Jika anda sedang berlibur bersama dengan anak-anak, maka tempat wisata dekat stasiun Jogja ini akan sangat cocok untuk dikunjungi. Jaraknya hanya sekitar 300 m dari titik 0 km, yang merupakan ruang rekreasi sains yang ditujukan bagi anak-anak. Meskipun begitu bukan berarti orang-orang dewasa tidak bisa menikmati hal-hal menarik di tempat wisata ini. Wahana wisata edukatif ini memang dirancang menampilan instrument-instrumen pendidikan anak. Namun jangan salah, disini juga menjadi pusat buku di Jogja. Anda bisa mendapatkan beraneka ragam buku dengan harga yang murah.

7. Keraton Yogyakarta

Wisata Jogja - Keraton Yogyakarta
Wisata Jogja – Keraton Yogyakarta

Lokasi keraton Yogyakarta ini juga tak begitu jauh dari stasiun dan bisa dtempuh dengan menaiki kendaraan umum. Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini sebenarnya dulu berfungsi sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan. Namun kini juga dibuka untuk umum dan menyajikan berbagai macam budaya-budaya Jawa yang hingga kini masih tetap lestari. Ada beberapa pertunjukan kesenian yang bisa dinikmati pengunjung yang datang setiap harinya, mulai dari pertunjukan tari, music gamelan, hingga wayang. Untuk bisa masuk ke kawasan Keraton Yogyakarta ini, pengunjung bisa membeli tiket yang di loket. Terdapat 2 loket yang ada, yang pertama terletak di Tepas Keprajuritan depan ALun-Alun Utara dan yang kedua berada di Tepas Pariwisata.

Baca Juga :   Tokoh Terkenal Dunia Yang Positif Virus Corona

8. Taman Sari

 Wisata Jogja - Taman Sari
Wisata Jogja – Taman Sari

Wisata ini juga tak boleh dilewatkan saat berada di kota Jogja dan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum dari Stasiun Tugu. Bekas pemandian keluarga kerajaan ini memang memiliki arsitektur kuno yang begitu mempesona, tak lekang oleh zaman. Dulunya tempat ini sering dikunjungi istri serta keluarga inti keraton untuk menikmati pemandian air sambil bersantai.  Selain terdapat 3 kolam pemandian yang melegenda, lorong bawah tanah hingga masjid di dalamnya pun juga menjadi daya tarik wisata tempat ini. jangan lewatkan singgah sebentar di Gedung Kenongo, yang merupakan gedung tertinggi yang ada di Istana Air ini. banyak pengunjung yang datang untuk berfoto maupun menunggu momen matahari terbenam yang sangat mempesona disini.

9. Alun-alun Kidul

Wisata Jogja - Alun Alun Kidul
Wisata Jogja – Alun Alun Kidul

Waktu sore dan malam hari menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi wisata Alun-Alun Kidul. Tempat ini seakan menjadi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Kota Jogja. Dan yang tak boleh dilewatkan saat berada disini adalah menjajal permainan ritual yang melegenda bernama Masangin, dimana anda harus melewati 2 pohon beringi sambil menutup mata. Saat anda berhasil jalan lurus hingga melewati 2 pohon beringin besar tersebut, konon katanya keinginan anda akan terkabul. Namun diluar dari mitos tersebut, tak ada salahnya untuk mencoba aktivitas menarik ini.

Baca Juga :   Berbagai Insiden Memalukan Para Kontestan Puteri Indonesia

1 Comment

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: