Shadow

Air Sumur Bor Berwarna Putih Ini Hebohkan Warga

Air Sumur Bor Berwarna Putih Susu - Gowa
Air Sumur Bor Berwarna Putih Susu di Kabupaten Gowa – sumber: youtube HAMKA GW CHANNEL.ย ย 

Umumnya, air sumur bor akan berwarna jernih atau mungkin agak keruh. Warna air sumur yang keluar ini akan didasari oleh jenis lahan yang kita gunakan untuk mendapatkan air tersebut. Jika kebetulan berada di tempat berwa-rawa maka kemungkinan air yang keluar akan sedikit keruh dan harus menggunakan saringan atau filter air agar tidak merusak cucian pakaian. Warna air dan baunya ini sudah umum berubah jika kita menggunakan sistem sumur bor.

Seperti yang sudah kita jelaskan diatas, ada beberapa faktor yang menyebabkan perubahan dari air sumur tersebut. Namun, bagaimana jika air yang dikeluarkan berwarna putih seperti warna susu? Nah, mungkin ini tergolong langka dan menjadi tontonan banyak warga. Ya, hal ini juga yang sedang dihebohkan oleh masyarakat Gowa di Sulawesi Selatan ini. Dimana banyak warga yang penasaran akan bentuk air sumur bor yang dinyatakan seperti warna putih susu tersebut.

Penemuan Air Sumur yang Menghebohkan

Siapa sangka upaya untuk membuat sebuah sumur bor yang dilakukan oleh salah seorang warga di kelurahan Bontomanai, kabupaten Gowa ini malah berujung kehebohan. Iis Nurismi sang pemilik sumur bor menjadi buah bibir warga sebab air dari sumur bor yang ia miliki ini tidak lazim. Diketahui sumur bor miliknya ini memang sudah hampir sebulan mengeluarkan air seperti warna susu. Buntutnya, banyak warga yang berbondong-bondong mendatangi kawasan sumur tersebut untuk menyaksikan secara langsung bagaimana penampakan dari air sumur bor ini.

Penyebab Warna Air Menjadi Putih Susu Belum Dipastikan

Iis yang merupakan sekertaris di kantor Camat Bontomarannu ini menyatakan masih belum mengetahui apa penyebab dan mengapa air sumur bornya ini berwarna putih susu. Namun, dirinya menambahkan hasil pemeriksaan pH air tersebut dinyatakan tetap menyerupai pH air pada umumnya. Bahkan bau dan rasanya juga tidak mengalami perubahan. Hanya saja mungkin warnanya sudah berubah. Dirinya mengakui sempat heran ketika air sumur bor ini malah menjadi buah bibir dan menjadi viral.

Baca Juga :   Viral: Kisah Perjuangan Gadis Pendaki Berkaki Palsu

Akibatnya, banyak yang mendatangi kawasan Iis hanya untuk bermain dan mengamati bagaimana warna air sumur tersebut. Bahkan, ketika ditanyai pada hari Kamis tanggal 5 Maret 2020, Iis masih menyatakan air tersebut sedang diteliti. Belum ada hasil penyelidikan terkait apa dan mengapa warna air ini berubah. Dirinya juga tidak mengetahui secara pasti kandungan yang terdapat di dalam air tersebut. Untuk itu, Iis selalu menghimbau kepada warga yang datang untuk tidak meminum air ini agar terhindar dari kemungkinan bahaya.

Proses Awal Air Sumur Bor Berwarna Putih Susu

Iis menyatakan awal mula dari sumur bor yang mengeluarkan air berwarna putih ini didapatinya tanpa sengaja. Dirinya yang kala itu ingin membuat sebuah sumur untuk menolong bebrepa tetangga yang mengalami kesulitan air dan juga untuk menyirami tanamannya memutuskan membuat sumur. Sebulan yang lalu, Iis berencana untuk membangun sebuah sumur bor. Sayangnya, air yang keluar setelah dilakukan pengeboran hingga jarak 28 meter kedalam tanah masih sangat keruh. Untuk itu, dirinya memutuskan untuk mengebor lebih dalam.

Anehnya, setelah lobang hasil pengeboran sumur ini mencapai 80 meter, ternyata air yang keluar malah berwarna putih susu. Dan, inilah asal muasal mengapa air sumur bor tersebut berwarna demikian. Hingga kini, banyak sekali masyarakat baik dari luar Gowa berdatangan untuk melihat secara langsung, bahkan, banyak anak-anak yang mandi di sebuah kolam buatan dengan air putih susu tersebut. Unik ya gaes, kira-kira apa penyebab perubahan warna air sumur ini, ya?

 

Tinggalkan Balasan

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian