Shadow

Jenis – Jenis Obat Nyamuk Yang Sering Digunakan dan Alternatifnya

Jenis Jenis Obat Nyamuk dan Alternatifnya
Jenis Jenis Obat Nyamuk dan Alternatifnya

Nyamuk merupakan jenis serangga yang jadi musuhnomor 1 manusia karena selain gigitannya menyebabkan rasa gatal, nyamuk juga sebagai pembawa penyakit ke dalam tubuh manusia, antara lain demam berdarah / demam chikungunya (disebabkan nyamuk Aedes aegypti), malaria (disebabkan nyamuk Anopheles), dll. Oleh karena itu ada baiknya kita jangan sampai terkena gigitan nyamuk. Ada banyak cara untuk menghidari nyamuk, cara yang sering yaitu menggunakan obat nyamuk padahal tidak semua obat nyamuk yang dijual dipasaran itu aman bahkan ada yang dapat mengganggu kesehatan. Artikel ini akan membahas kelebihan maupun kekurangan berbagai jenis obat nyamuk serta alternatif lain yang bisa dilakukan untuk menghindari nyamuk tanpa harus menggukan obat nyamuk.

Obat Nyamuk Bakar

Obat nyamuk jenis ini digunakan dengan cara dibakar, asap ini yang digunakan untuk mengusir dan membunuh nyamuk karena mengandung bahan kimia yang bersifat mematikan untuk nyamuk. Walaupun tidak terlalu berbahaya bagi manusia tetapi asap yang dihasilkan obat nyamuk ini bisa menyebabkan sesak nafas pada anak-anak. Bila hendak menggunakan obat nyamuk bakar sebaiknya jangan digunakan di dalam ruangan yang agak tertutup atau tertutup sekali dan juga apabila memiliki anak kecil sebaiknya tidak menggunakan obat nyamuk ini. Selain dari efek asapnya, seringkali anak terutama balita sering memasukkan sesuatu yang ditemuinya ke dalam mulut, akan sangat berbahaya apabila sisa obat nyamuk ini sampai dimasukkan ke dalam mulut.

Obat Nyamuk Semprot

Jika ruangan anda tertutup, Anda bisa memakai obat nyamuk ini karena obat nyamuk ini tidak berupa asap tetapi zat aktif yang disemprotkan di udara. Obat nyamuk semprot cukup efektif mematikan nyamuk, akan tetapi ada baiknya menggunakan obat nyamuk ini beberapa saat sebelum menggukan kamar untuk tidur atau kegiatan lainya, agar zat aktif semprotan obat nyamuk ini sudah hilang sehingga tidak sampai terhirup.

Baca Juga :   Pernyataan Kemenkes RI Tentang Virus Corona

Obat Nyamuk Elektrik

Pada umumnya obat nyamuk jenis ini hanya bersifat mengusir nyamuk tanpa mematikannya, hal itu disebabkan kandungan dalam bahan obat elektrik tidak sekuat dengan obat nyamuk semprot. Jadi kurang efektif jika dibandingkan dengan obat nyamuk lain.

Obat Nyamuk Lotion

Obat nyamuk berjenis lotion mengandung aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Obat Nyamuk jenis ini juga sering digunakan untuk anak-anak, akan tetapi sebaiknya dicoba dulu dioleskan sedikit di kulit anak, jika anak tidak mengalami alergi atau iritasi, maka bisa dipakai untuk seterusnya. Kenapa harus dicoba dulu? Hal itu dikarenakan kulit anak pada umumnya masih sensitif, jadi jangan sampai mengadung bahan atau zat yang bisa menimbulkan iritasi. Bila anak-anak memakai lotion anti nyamuk ini, juga mempunyai resiko untuk tertelan, ini terjadi apabila lotion ini masih melekat di tangan dan mengenai makanan atau anak tadi memegang makanan, jadi sebaiknya sebelum makan harus mencuci tangan dulu dengan bersih atau dioleskan sesaat sebelum tidur. Obat nyamuk ini juga sebaiknya tidak digunakan oleh anak batita (bayi tiga tahun) karena kadang kala mereka suka menghisap jari.

Cara Lain

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menangkal nyamuk  salah satunya yaitu menggunakan kelambu tetapi perlu juga diperhatikan sirkulasi udara di dalam kelambu harus cukup supaya tidak menyebabkan gerah atau sesak.

Cara lainnya yaitu mengunakan alat perangkap atau pembunuh nyamuk, pada umumnya alat ini mengunakan elemen listrik. Cara kerja alat ini yaitu menarik nyamuk mendatangi alat ini dengan lampu yang terang, setelah nyamuk mendekat maka akan tersedot oleh kipas yang terpasang pada alat ini dan akhirnya nyamuk akan terjerat oleh elemen yang mematikan nyamuk. Cara ini relatif efektif dan bisa jadi alternatif untuk yang tidak suka dengan bau obat nyamuk.

Baca Juga :   Umumkan Virus Corona, Presiden Jokowi: 2 Orang Telah Terjangkit!

Sebenarnya ada cara yang lebih sederhana untuk menghindari nyamuk yaitu dengan sistem 3M (menguras, menutup, mengubur) pada tempat penampungan air. Atau boleh juga mengunakan bubuk abate untuk membasmi jentik-jentik nyamuk, bubuk abate ini terbukti efektif dan aman saat digunakan pada tempat penampungan air yang sulit dikuras seperti tandon air.

Tinggalkan Balasan

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian