Shadow

Fakta Sebenarnya Foto Putin Melepas Singa Di Jalanan

Putin lepas singa di jalan hoax
Tweet Putin lepas singa di jalan

Wabah Virus Corona mematikan telah menjadi pandemi dengan menjangkiti hampir seluruh negara di dunia. Tingkat kematian yang tinggi dan penularan yang cukup cepat, membuat virus ini menjadi sangat berbahaya. Sejumlah negara yang terdeteksi telah terjadi infeksi Virus Corona, menerbitkan beberapa aturan, untuk mengurangi interaksi demi mencegah penularan. Salah satu di antaranya yakni melarang masyarakat untuk keluar rumah.

Di Indonesia dan negara yang sudah terjangkit, pemerintahnya membatasi aktivitas warga dengan meminta mereka untuk bekerja dari rumah (Work From Home). Namun masih saja ada warga yang bandel tidak mengindahkan aturan pemerintah ini. Mereka yang bandel ini mengaku kebingungan jika mereka tidak bekerja di luar rumah, karena butuh uang untuk kebutuhan hidupnya.

Foto Singa di Jalanan Rusia

Agar masyarakat menuruti larangan ke luar rumah, pemerintah pun mengambil berbagai cara. Baru-baru ini, netizen dihebohkan dengan salah satu foto yang diklaim merupakan kebijakan dari Putin, Presiden Rusia untuk melarang warganya keluar rumah. Putin melepaskan ratusan ekor singa di jalanan kota, agar masyarakat tidak berani untuk beranjak dari rumahnya. Dalam foto yang viral tersebut, nampak seekor singa jantan sedang berada di jalanan kota yang sepi, pada malam hari.

Pada captionnya juga dijelaskan keterangan dari foto yang kemudian viral tersebut.

“Containment : Vladimir Putin dropped 800 Tigers and Lions all over the country to push people to stay home”.

(“Pengurungan : Vladimir Putin menaruh 800 Harimau dan Singa di seluruh penjuru negeri untuk mendorong orang-orang agar tetap berada di dalam rumah.”)

Foto tersebut diduga pertama kali viral di sebuah sosial media di luar negeri. Kemudian banyak dibagikan di sosial media di Indonesia, dan begitu cepat menyebar serta menjadi viral dalam beberapa jam saja. Memang, sebenarnya konten itu ternyata konten humor yang pertama kali dibagikan oleh fanspage Humour TV, dengan maksud sekedar bercanda. Namun setelah dibagikan lebih dari 18 ribu kali, rupanya ada beberapa pihak yang ingin memanfaatkan keadaan.

Baca Juga :   Viral: Guru Honorer Ditagih Permen Oleh Muridnya

Reaksi Netizen

Meski begitu viralnya postingan tersebut, tak serta merta netizen langsung percaya dengan caption yang ada pada foto tersebut. Mereka justru terhibur dan malah mendukung jika pelepasan hewan buas itu dilakukan di tempat mereka. Namun masih ada juga yang menganggapnya sebagai hal yang serius.

“Harusnya di Indonesia dilakukan juga seperti ini, biar yang merasa kebal dengan keluar rumah kapok.”

“Kalau di Philadelphia sini, mungkin singa-singa ini sudah diburu. Karena larangan keluar rumah membuat kami kelaparan.”

Fakta Sebenarnya

Karena merasa ada sejumlah hal yang janggal, dan minimnya sumber dari berita yang valid, kami pun berusaha menemukan fakta sebenarnya di balik foto singa yang dilepas di jalanan kota tersebut. Tentu yang kami lakukan adalah mencari sumber berita pertama dari foto tersebut. Kami pun mengunggah foto itu di halaman mesin pencari Google, untuk mendapatkan gambar yang sama, dan mencari kapan dan siapa yang pertama kali mengunggah foto tersebut di internet.

Banyak hasil yang keluar, dengan mayoritas pemberitaan yang hampir sama. Namun dari waktu pengunggahan, kami menemukan sebuah gambar yang diunggah pada 13 Juli 2016 lalu. Foto tersebut diketahui diunggah dan diberitakan oleh media The Classy English. Masih belum ada keterangan lebih lanjut, namun kami menemukan adanya nama Jalan Jorissen, pada caption foto tersebut.

Selanjutnya kami melakukan penelusuran tentang jalan Jorissen, dan merujuk pada sebuah jalan di daerah Afrika Selatan. Kami pun menemukan kaitannya, yakni dengan sebuah berita yang diunggah oleh laman dailymail.co.uk pada 15 April 2016. Berita tersebut berbunyi “Paws at the traffic lights! Giant male lion is seen prowling around the streets of South Africa’s biggest city (but it’s not as dangerous as you’d think)”.

Setelah membaca isi berita tersebut, ternyata fakta yang sebenarnya terjadi adalah, foto itu diambil saat dilakukan sebuah shooting film di jalan Jorissen, di Afrika Selatan. Jadi kesimpulannya berita Putin menempatkan Singa di jalanan adalah berita hoax, yang sebenarnya hanya konten humor belaka.

Baca Juga :   Umumkan Virus Corona, Presiden Jokowi: 2 Orang Telah Terjangkit!

Tinggalkan Balasan

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian