Shadow

Kabah Ditutup, Sekelompok Burung Putih Gantikan Tawaf

Sekelompok Burung Putih Gantikan Tawaf Di Atas Kabah
Sekelompok Burung Putih Tawaf Di Atas Kabah 

Sekawanan burung berwarna putih terbang di langit di atas Ka’bah di Kota Mekkah. Memang awalnya nampak sebuah hal yang biasa saja. Namun jika diperhatikan dengan seksama, burung-burung putih tersebut seperti membentuk pola saat terbang ke sana kemari. Pergerakan arah terbang sekelompok burung itu, dianggap banyak orang seperti sedang melakukan tawaf memutari Ka’bah.

Pola, formasi dan arah pergerakannya sangat teratur seperti ada yang memberikan perintah. Pernahkah anda memainkan sebuah mainan remote control? Nah seperti itu lah penampakan yang terjadi dalam video yang kemudian viral di dunia maya itu. Tak pelak, banyak orang yang takjub dan dibuat penasaran dengan video yang beredar tersebut.

Penutupan Akses ke Ka’bah Oleh Pemerintah

Karena keganasan Virus Corona yang telah membunuh belasan ribu orang di seluruh dunia, dan menjangkiti puluhan ribu lainnya, membuat Pemerintah Arab Saudi mengambil langkah pencegahan. Salah satunya yakni menutup tempat-tempat berkerumunnya massa, termasuk sejumlah tempat ibadah seperti Masjid.

Masjidil Haram dan Masjid Nabawi pun diberlakukan aturan khusus untuk aksesnya. Kedua Masjid itu ditutup setelah Isya’ dan dibuka kembali menjelang shalat Subuh. Suasana di sekitaran Ka’bah pun tampak sepi dari aktivitas, dibandingkan hari biasanya yang dipenuhi lautan manusia untuk melakukan tawaf.

Kebijakan buka tutup akses ke dua Masjid itu dilakukan untuk melakukan pembersihan, termasuk penyemprotan desinfektan untuk mencegah penyebaran Virus Corona. Nah, saat suasana itulah, muncul sekelompok burung berwarna putih seperti sedang melakukan tawaf. Menggantikan para manusia yang sedang tidak diperbolehkan masuk ke area Ka’bah. Apa yang dilakukan sekelompok burung itu, seakan-akan tidak ingin perputaran tawaf itu terhenti.

Tanggapan Ustadz Zacky Mirza

Melihat fenomena viralnya video kawanan burung itu, Ustadz Zacky Mirza memberikan tanggapannya. Beliau memberikan pandangan dalam dua sisi atas viralnya video itu, yakni dari sisi ilmiah dan sisi spiritual. Menurutnya, jika dilihat dari sisi spiritual, agama, apa yang dilakukan kawanan burung putih itu lantaran karena kehendak dari Allah SWT.

Baca Juga :   🔥 Viral Air Sungai Berwarna Darah, Pertanda Kiamat?

Peristiwa sekawanan burung terbang mengelilingi Ka’bah itu seperti sudah dijelaskan dalam surat Al-Fill. Dalam surat tersebut diceritakan sekelompok burung Ababil datang, bergerak secara teratur dan menyerang para pasukan gajah yang hendak menghancurkan Ka’bah, dengan menjatuhkan batu.

Meski demikian, Ustadz Zacky meminta masyarakat untuk selalu melihat segala peristiwa dari dua sisi yang berbeda. Kedua sisi yang berbeda itu harus dipadukan, sehingga bisa memberikan jawaban yang rasional. Jangan sampai fenomena itu justru membuat masyarakat berpikir negatif. Yang dihindari adalah, nanti masyarakat malah memiliki pemikiran burung-burung tersebut dikirim oleh Allah SWT karena murka tempat ibadahnya telah ditutup.

Respon Netizen

Video tersebut diketahui pertama kali diunggah oleh akun Instagram @haramainarchives. Karena membuat penasaran dan menjadi sebuah fenomena yang tak lazim, video itu akhirnya menyebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk juga ke Indonesia.

Beragam komentar pun dilontarkan netizen di Indonesia, dengan berbagai tanggapan positif maupun negatif. Akun Twitter takonyanki bahkan memberikan komentar pedas. Menurutnya hal itu terjadi karena disebabkan oleh virus Corona, sehingga tawaf harus digantikan oleh sekawanan burung.

“Allahuakbar boleh tidak merinding melihat video ini? Dikarenakan Virus Corona, yang tawaf di Ka’bah menjadi sepi. Tapi lihat ini, burung-burung sedang tawaf di atas Ka’bah. Masya Allah.”

Hingga saat ini, video yang diunggah di Instagram itu telah dilihat lebih dari 22 ribu kali, dan mendapatkan ratusan komentar dari para netizen.

Tinggalkan Balasan

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian