Shadow

Kebiasaan Unik Orang Indonesia

Kebiasaan Unik Orang Indonesia
Kebiasaan Unik Orang Indonesiake

Hal yang paling disukai oleh wisatawan asing yang datang ke Indonesia adalah masyarakatnya. Kenapa? Karena masyarakat Indonesia terkenal dengan tingkat keramahan yang tinggi dibanding dengan warga di negara lain. Setidaknya itulah pengakuan beberapa warga negara asing yang berkunjung ke bumi pertiwi ini. Dengan kekayaan suku dan bahasanya, ternyata ada beberapa kebiasaan unik yang dimiliki oleh masyarakat kita karena kepolosan, kelucuan, dan juga ketidakpeduliannya terhadap sesuatu. Seperti halnya ketika ingin membeli air minum dalam kemasan. Beberapa orang cenderung akan berucap “beli aqua”. Padahal air minum yang tersedia tidak hanya aqua, tapi ada banyak jenis dan dengan harga yang juga berselisih. Akan tetapi karena terlanjur hafal dengan satu merk produk, maka itu yang kemudian dijadikan kebiasaan dan patokan ketika membeli air minum.

Kemudian jika Anda berkunjung atau tengah berada di daerah pegunungan dan bertemu dengan masyarakat di daerah tersebut, kemudian berkesempatan menanyakan sesuatu terkait jarak, maka jangan marah apabila jawaban yang Anda dapat tidka sesuai dengan realita. Warga masyarakat yang tinggal di bukit atau di pegunungan akan mengatakan dekat untuk jarak yang masih akan ditempuh sekitar 15 km. atau ketika Anda bertanya, mereka akan menjawab “oh, dekat, di bawah situ.” Dan ketika diukur, jaraknya masih lebih dari 10 km. Selain itu, ada beberapa kebiasaan lain yang jika dipikir ulang sangat lucu dan konyol karena sudah tahu salah tapi masih diulang-ulang. Adapun beberapa kebiasaan unik orang Indonesia adalah sebagai berikut:

Mengucapkan semua jenis perabot dengan nama satu produk

Sebagaimana contoh di atas, warga di desa-desa sering sekali menggunakan merk satu produk untuk menyebutkan semua produk dengan jenis sama, padahal dari segi merk tidaklah sama. Selain menyebutkan air minum dalam kemasan, warga juga terlanjur terbiasa menggunakan istilah sanyo untuk menyebutkan semua jenis pompa air, meskipun sudah jelas bahwa merknya bukan sanyo. Uniknya, ketika dibenarkan dengan merk yang asli, beberapa warga justru tetap mengulang apa yang menjadi kebiasaannya. Begitu juga berlaku untuk hari-hari selanjutnya. Jadi jika Anda berkesempatan bertemu dengan kasus demikian, senyumin aja.

Baca Juga :   Berbagai Insiden Memalukan Para Kontestan Puteri Indonesia

Salah Tanda Ketika Ingin Belok

Pernah di jalan dan menemui ibu-ibu ingin belok ke kanan tapi tanda yang dipasang di kendaraannya justru menandakan belok ke kiri? Apa yang Anda lakukan ketika menemui kasus semacam itu? Sebenarnya itu bukanlah kasus baru dan hampir semua kalangan sudah hafal bahwa salah memberi tanda seperti itu sudah sangat sering dilakukan tidak hanya oleh ibu-ibu, akan tetapi juga oleh bapak-bapak yang mendekati manula. Hal ini tentu menjadi unik, namun juga membuat bingung dan kesal pengendara lain yang ada tepat di belakangnya.

Menyapa Setiap Orang yang Ditemui, Meski Tidak Kenal

Pernah di jalan kemudian disapa oleh orang yang tidak dikenal dan berlalu begitu saja? Tenang, berarti Anda sedang ada di Indonesia. Dimana saking ramah para masyarakatnya, bahkan orang yang tidak dikenal sekalipun akan tetap mendapatkan sapaan yang manis sambil lalu. Namun kebiasaan ini mungkin hanya tinggal dirasakan oleh mereka yang berlibur di desa. Kenapa? Karena di daeah perkotaan, dengan jadwal kegiatan yang padat dan kesibukan masing-masing membuat seseorang kadang seperti tidak saling kenal, meskipun itu pada teman kantornya sendiri.

Tinggalkan Balasan

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian