Shadow

Manfaat dan Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Manfaat dan Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri
Manfaat dan Cara Membuat Hand Sanitizer SendiriΒ 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan wabah Virus Corona sebagai kejadian pandemi. Hal ini menyusul peningkatan secara masif kasus infeksi yang melanda hampir seluruh negara dunia, termasuk Indonesia. Hingga saat ini tercatat sudah lebih dari 50 orang di wilayah Indonesia yang dinyatakan positif terjangkit Virus Corona. Korban jiwa pun dikabarkan sudah ada.

Saat ini vaksin untuk Virus Corona masih dalam tahap pengembangan. Pihak badan kesehatan dunia mengklaim vaksin tersebut sudah bisa digunakan dalam waktu dekat. Meski demikian, sebagian besar pemerintahan negara dunia memberlakukan status gawat darurat dan menutup sejumlah fasilitas serta kegiatan publik.

Pihak medis memerintahkan kepada seluruh warga untuk melakukan tindakan pencegahan seperti, rajin membersihkan bagian tubuh khususnya tangan dan menghindari tempat kerumunan massa. Bersentuhan tangan menjadi sarana penularan Virus Corona tertinggi, berdasarkan laporan banyaknya kasus infeksi yang sudah terjadi. Oleh karenanya kebersihan tangan lebih diutamakan untuk memperkecil kemungkinan terjadinya infeksi. Caranya yakni dengan mencuci tangan menggunakan hand sanitizer.

Memahami Penggunaan Hand Sanitizer

Hand Sanitizer adalah cairan pembersih khusus untuk tangan dengan kandungan alkohol rata-rata 70%, sehingga mampu membunuh berbagai macam bakteri, kuman dan virus jahat. Hand Sanitizer bisa dipakai sebagai alternatif mencuci tangan menggunakan air dan sabun.

Cairan pembersih ini biasanya dikemas dalam botol kecil, sehingga memudahkan untuk dibawa saat bepergian. Penggunaanya pun juga cukup mudah, hanya dengan mengoleskannya ke seluruh permukaan tangan kiri dan kanan. Selanjutnya tinggal meratakan hingga kebagian sela-sela jari dan kuku. Agar efektif, diamkan selama sekitar 30 detik sebelum melakukan aktifitas lain menggunakan tangan.

Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Dengan mewabahnya Virus Corona, produk hand sanitizer menjadi sulit ditemukan di sejumlah toko dan supermarket. Sebab, kepanikan yang ditimbulkan virus ini membuat orang-orang memborong hand sanitizer. Akibatnya, hand sanitizer menjadi langka dan jika pun ada, harganya pun menjadi mahal.

Baca Juga :   Jenis - Jenis Obat Nyamuk Yang Sering Digunakan dan Alternatifnya

Sebenarnya, bahan-bahan yang digunakan dan langkah-langkah untuk membuat hand sanitizer cukup mudah. Anda bisa membelinya di toko kimia dan mengikuti cara pembuatan hand sanitizer berikut ini :

Bahan Yang Dibutuhkan :

  • 50 ml air bersih, yang berfungsi sebagai cairan pelarut
  • 200 ml Etanol dengan kadar alkohol 95%, yang berfungsi sebagai antiseptik
  • 1 sendok teh Carbomer, yang berfungsi sebagai pengental
  • 33 ml Propylene Glycol, yang berfungsi sebagai pelembab
  • 3 tetes Triethanolamine, yang berfungsi sebagai pengikat pH.

Langkah Pembuatan :

  • Masukkan air dan Propylene Glycol dalam sebuah wadah yang tahan panas dan campurkan.
  • Selanjutnya rebus campuran tersebut dan tambahkan Carbomer secara bertahap sambil mengaduknya hingga merata.
  • Rebus hingga suhunya mencapai 80-90 derajat celcius.
  • Hentikan pemanasan dan tunggu hingga suhunya menjadi dingin untuk menghindari penguapan dalam penambahan bahan-bahan berikutnya.
  • Setelahnya, berikan Triethanolamine dan aduk merata hingga campuran tadi menjadi seperti gel.
  • Kemudian setelah membentuk gel, tambahkan juga Etanol secara bertahap sambil mengaduknya secara perlahan selama sekitar 15 menit.
  • Hand Sanitizer buatan sendiri itu bisa digunakan.
  • Tambahkan juga tanaman herbal, untuk memberikan wangi pada Hand Sanitizer.

Efektifitas Hand Sanitizer

Dalam mencegah penyebaran Virus Corona maupun penyakit-penyakit lainnya, Hand Sanitizer dinilai lebih efektif dan efisien dibandingkan air dan sabun. Dari hasil penelitian, mereka yang menggunakan Hand Sanitizer resikonya lebih sedikit terkena paparan penyakit dibandingkan mereka yang tidak menggunakannya.

Lalu, seberapa lama Hand Sanitizer bisa melindungi kita dari paparan kuman, bakteri dan virus? Sejumlah penelitian yang dilakukan, Hand Sanitizer tidak bisa berlama-lama melindungi tangan dari paparan penyakit. Efek Hand Sanitizer akan hilang begitu tangan kita kering, sekitar beberapa menit saja. Namun sangat ampuh untuk mematikan kuman, bakteri dan virus.

Baca Juga :   Umumkan Virus Corona, Presiden Jokowi: 2 Orang Telah Terjangkit!

Oleh karenanya, sering-seringlah untuk menggunakan Hand Sanitizer, sehabis menyentuh apapun, terlebih bersalaman dengan orang asing. Selalu gunakan Hand Sanitizer sebelum makan dan melakukan aktivitas lainnya.

Tinggalkan Balasan

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian