Shadow

Tips Agar HP Android Tidak Lemot πŸš€

Tips Agar HP Android Tidak Lemot
Tips Agar HP Android Tidak Lemot

Apakah Anda tipe orang yang setia dengan satu smartphone, atau mengikuti perkembangan smartphone terkini? Well, semahal apapun perangkat Android yang Anda beli, seiring waktu performa smartphone Anda berpotensi semakin menurun alias lemot.

Lakukan Beberapa Hal Ini untuk Meningkatkan Performa Android

Kondisi handphone Android lemot sesungguhnya normal terjadi baik pada smartphone kelas atas atau kelas bawah. Namun, Anda tak perlu khawatir, berikut ini beberapa tips Android yang bisa Anda terapkan agar hp Android tidak lemot dan performa smartphone Anda tetap cepat. Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Hapus Aplikasi yang Jarang Anda Gunakan

Tips Android pertama berhubungan dengan aplikasi yang Anda gunakan. Beberapa perangkat Android menyematkan aplikasi besutan vendor tersebut, padahal aplikasi tersebut justru jarang atau malah tak digunakan pengguna.

Aplikasi-aplikasi tersebut tidak semuanya dapat dihapus, tapi Anda bisa menonaktifkannya melalui Setting – Apps – pilih aplikasi yang Anda maksud – pilih Uninstall atau Disable.

  1. Gunakan Aplikasi yang Ringan

Jika ponsel Anda memiliki ukuran RAM dan memori internal yang terbatas, disarankan Anda menerapkan tips Android kedua, yakni menginstall aplikasi yang ringan. Saat ini telah banyak developer yang merilis aplikasi versi lite.

  1. Rajin Instal Update

Anda disarankan segera menginstall pembaruan sistem operasi karena beberapa pembaruan biasanya membawa upgrade peningkatan performa. Anda dapat melakukan cek update melalui Setting – About Phone – System Update.

  1. Hindari Penggunaan Live Wallpaper

Menerapkan Live Wallpaper memang dapat membuat tampilang smartphone Anda makin menarik, tapi sayangnya Live Wallpaper dapat membuat performa ponsel Anda melambat. Anda disarankan untuk menerapkan wallpaper biasa.

  1. Menggunakan Launcher yang Ringan

Beberapa launcher bawaan vendor ponsel kerap membuat performa ponsel melambat. Anda dapat menerapkan tips Android satu ini, yaitu menggunakan launcher yang ringan seperti launcher buatan Google.

  1. Mengatur Aplikasi di Latar Belakang

Aplikasi yang berjalan di background dapat membuat baterai terkuras cepat. Untuk mengatasi hal ini, disarankan Anda rutin memantau penggunaan baterai smartphone. Anda dapat membuka Setting – Battery. Jika Anda melihat terdapat aplikasi dengan penggunaan baterai dengan tidak normal, Anda dapat menekan Force Stop.

  1. Menonaktifkan Fitur Bluetooth dan Location

Tips Android selanjutnya yaitu untuk menghemat baterai, disarankan Anda menonaktifkan fitur Bluetooth dan lokasi ketika tidak digunakan.

  1. Gunakan Aplikasi untuk Membersihkan Penyimpanan

Anda dapat menggunakan salah satu aplikasi besutan Google untuk memudahkan Anda dalam mengatur dan membersihkan slot file storage pada smartphone.

  1. Menggunakan Browser Hemat Baterai

Daya tahan baterai adalah salah satu hal yang krusial dalam penggunaan ponsel pintar. Jika Anda suka berselancar di internet, Anda bisa menggunakan aplikasi web browser yang dapat menghemat penggunaan daya baterai.

  1. Kelola Widget

Pengguna smartphone sering menerapkan widget di layar awal smartphone sebagai jalan pintas aplikasi. Namun ternyata penggunaan widget bisa mempengaruhi performa smartphone. Lihatlah layar home smartphone Anda, pastika widget yang Anda sematkan adalah widget yang Anda butuhkan. Jika terdapat widget yang tidak perlu, Anda bisa menghapusnya.

  1. Restart Smartphone

Tips Android terakhir untuk mempercepat performa handphone secara mudah dan praktis adalah dengan melakukan restart smartphone. Tips ini dapat membantu menghentikan aplikasi yang tak perlu, menghapus cache, serta meningkatkan kinerja smartphone Anda.

Baca Juga :   5 Tips Mencegah Aplikasi Berbahaya Masuk Android

Demikian beberapa tips Android yang bisa Anda coba untuk mengoptimalkan performa smartphone Android agar tidak lemot. Semoga artikel ini dapat mengatasi permasalahan menurunnya performa HP Anda.

Tinggalkan Balasan

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian