Tips dan Trik  Mendapat Nilai Bagus Saat Ujian

Tips dan Trik Mendapat Nilai Bagus Saat UjianMemasuki bulan April, para pelajar biasanya disibukkan dengan persiapan untuk menghadapi ujian nasional. Saat ini ujian nasional dilaksanakan dengan basis komputer. Tanpa persiapan yang matang, tentu para pelajar akan kebingungan mengingat tingkat kesulitan soal yang cukup lumayan memeras otak.

Sukses Ujian dengan Tips Ini

Biasanya soal yang harus dikerjakan adalah soal dengan model hots (higher order thinking skills). Nah, apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi ujian? Bagaimana tips dan trik yang dapat dilakukan agar mendapat nilai yang bagus? Berikut beberapa diantaranya.

1.     Belajar Sungguh-sungguh

Hal pertama yang mutlak harus dilakukan saat akan menghadapi ujian adalah belajar. Bukan hanya belajar biasa, namun belajar dengan sungguh-sungguh. Tanpa kesungguhan dalam belajar, usaha yang kamu lakukan tidak akan berhasil karena keberhasilan belajarmu tergantung pada kesungguhan niat.

Jika belajar hanya dilakukan ala kadarnya maka sudah dipastikan saat mengikuti ujian, kamu hanya akan bisa pasrah dan mengerjakan dengan asal-asalan. Selalu belajarlah dengan tekad yang kuat untuk bisa menaklukkan soal-soal ujian. Dengan begitu, nilai yang memuaskan akan mudah didapatkan.

2.     Dengarkan Penjelasan Guru dengan Seksama

Dengarkanlah setiap detail materi dari guru dengan seksama. Tips dan trik ini biasa dilakukan oleh mereka yang punya otak cerdas. Apa itu? Yaitu mendengarkan materi dari guru dengan sungguh-sungguh. Tak sedikit dari mereka yang terkenal cerdas jarang belajar kembali di rumah. Kuncinya hanya satu, memperhatikan saat materi disampaikan.

Baca Juga :   Sederet Fakta Unik Cimoy Sang “Ratu Tik Tok”

Dengan benar-benar memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru, materi tersebut dapat tersimpan dalam otak dan dapat dengan mudah dipahami jika dipelajari kembali. Intinya kamu harus paham dan mengerti apa yang disampaikan. Jika tidak paham, maka seribu penjelasan pun tak akan bisa membuatmu mengerti materi yang sudah disampaikan.

3.     Ikut Bimbingan Belajar

Pelajaran tambahan diperlukan untuk mengasah otak yang akan digunakan berpikir. Di tempat bimbingan belajar biasanya akan diberi latihan soal-soal yang berkaitan dengan materi ujian. Terus berlatih mengerjakan soal, akan membuatmu terbiasa untuk menyelesaikan setiap persoalan.

Para peserta bimbingan belajar tidak akan mudah terkejut jika menemui soal dengan kerumitan yang cukup tinggi karena memang otaknya sudah biasa digunakan untuk berpikir. Dengan rutin mengerjakan latihan soal, otak akan terasah dengan sendirinya. Banyak pula bimbingan belajar yang memberikan cara atau rumus mudah untuk mengerjakan soal.

Rumus ini akan sangat bermanfaat untukmu saat ujian berlangsung. Cara yang singkat dan rumus yang mudah membuat waktu pengerjaan lebih cepat sehingga kamu tidak membutuhkan waktu yang banyak hanya untuk mengerjakan 1 soal. Kunjungi bimbingan belajar yang ada di daerahmu. Pilihlah tempat bimbingan belajar yang sesuai dengan budget dan kualitas yang kamu harapkan.

4.     Berbakti pada Orangtua

Berbakti pada orangtua. Terdengar klise namun tetap berpengaruh terhadap ujian yang akan dijalani. Hubungan yang buruk dengan orangtua dapat membuat jalan hidup menjadi berat. Selalu berbuat baik pada orangtua agar ujianmu berjalan dengan lancar, ya.

Baca Juga :   Bentrok Dengan Ojol dan Gelapnya Dunia Debt Collector

5.     Jangan lupa doa agar ujian lancar dan mendapat nilai bagus

Iringi semua ikhtiar dengan doa. Ungkapan ini tidak tercipta begitu saja. Karena segala sesuatu memang dapat diubah dengan doa. Setelah semua usaha sudah dilakukan, kamu tinggal berdoa agar mendapatkan hasil yang maksimal dan nilai bagus. Serahkan semua kepada Tuhan dan percayalah bagaimanapun hasilnya kamu sudah melakukan yang terbaik.

Tips di atas dapat dilakukan dengan sungguh-sungguh agar hasil ujianmu optimal. Selalu yakin pada setiap apa yang sudah diusahakan dan jangan pernah menyerah pada setiap kesulitan, ya.

Tinggalkan Balasan