Shadow

Tips Penting Biar Sehat Fisik dan Finansial

Tips Penting Biar Sehat Fisik dan Finansial
Tips Penting Biar Sehat Fisik dan Finansial

Personal finance atau pengaturan keuangan pribadi harus dilakukan dengan baik agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari. Salah satunya adalah dengan melakukan perencanaan dalam mengelola keuangan. Anda perlu melakukan perencanaan yang matang guna mendapatkan pengelolaan keuangan yang efisien. Beriku beberapa perencanaan keuangan yang dapat dilakukan untuk mengelola keuangan.

Posisi Keuangan Saat Ini (Financial Fact Finding)

Langkah pertama dalam melakukan perencanaan keuangan yaitu financial fact finding. Langkah ini merupakan cara yang bebas resiko untuk mengetahui bagaimana posisi keuangan saat ini. Dalam langkah ini, Anda bisa memeriksa keadaan keuangan melalui aset, hutang, asuransi dan pemasukan bulanan yang dimiliki. Dengan mengetahui fakta atau kondisi keuangan yang sedang dimiliki, maka langkah berikutnya bisa dengan mudah ditentukan.

Menemukan Tujuan (Financial Planning)

Setelah mengetahui kondisi keuangan yang dimiliki, Anda harus bisa menentukan apa tujuan dari perencanaan keuangan yang akan dilakukan. Untuk apa personal finance dilakukan. Apakah untuk jangka panjang atau jangka pendek. Apakah untuk seorang diri atau untuk beberapa anggota keluarga. Dengan adanya tujuan yang jelas, maka pelaksanaan pengelolaan keuangan dapat berjalan dengan tertib.

Manajemen Kekayaan (Wealth Management)

Kekayaan yang dimiliki harus bisa dimanajemen dengan sebaik mungkin. Hal ini termasuk hal yang penting dalam perencanaan personal finance. Anda harus bisa mengelola kekayaan yang Anda miliki dengan baik agar apa yang Anda miliki selalu dapat mengatasi kebutuhan dan bermanfaat. Bayangkan saja jika kekayaan yang dimiliki tidak mengalami perputaran, maka kekayaan hanya akan berkurang tanpa mengalami penambahan. Untuk itulah manajemen kekayaan harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin.

Perencanaan Asuransi (Risk and Insurance Planning)

Sudah mendaftar asuransi? Jika belum, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk ikut program asuransi. Biasanya program ini akan membantu mengatasi segala bentuk kebutuhan uang di saat ada kondisi yang tidak direncanakan terjadi, misalnya saja kecelakaan. Anda pasti membutuhkan biaya besar saat sedang mengalami kecelakaan bukan?

Baca Juga :   ๐Ÿ‘ฉโ€๐Ÿ‘งโ€๐Ÿ‘ง Bagaimana Cara Menyiapkan Dana Pendidikan Anak? Ini Ulasannya

Asuransi kesehatan sangat cocok untuk menghadapi keadaan ini. Anda juga bisa mengasuransikan kendaraan, pendidikan dan lainnya. Rencanakan program asuransi yang Anda butuhkan dengan baik agar terhindar dari pengeluaran yang sia-sia. Pastikan untuk mendaftar asuransi yang sesuai dengan budget yang dimiliki

Perencanaan Pensiun (Pension Planning)

Manusia semakin menua setiap hari. Tidak ada manusia yang hidup abadi. Suatu saat nanti, Anda akan tua dan lemah. Dalam keadaan ini, usia sudah tidak bisa diajak kompromi untuk melakukan pekerjaan berat.

Masa-masa pensiun akan menjadikan kehilangan pekerjaan yang merupakan sumber pemasukan. Jika tidak merencanakan dana pensiun dengan baik, maka masa pensiun akan semakin susah. Buatlah tabungan, rencanakan masa pensiun dengan baik. Hal ini sangat bermanfaat agar ketika tua kita tidak merepotkan orang lain. Dengan dana mandiri, masa pensiun lebih terjamin dan menyenangkan.

Perencanaan Pengalihan Harta Bawaan (Legacy planning)

Saat memasuki usia tua atau pensiun, apa yang Anda pikirkan? Harta? Mulai sekarang, berhentilah memikirkan harta yang sudah dimiliki karena semua harta yang bertumpuk itu tidak akan dibawa mati. Anda perlu merencanakan kemana semua harta akan dialihkan ketika tutup usia nanti.

Apakah kekayaan akan diwariskan kepada anak cucu? Atau akan diwakafkan? Tidak ada salahnya mengalihkan harta yang dimiliki kepada sanak famili kita. Namun tetap sisihkan sebagian untuk dialihkan ke badan amal agar lebih bermanfaat.

Segala sesuatu yang direncanakan memang tak sepenuhnya dapat berjalan. Akan tetapi tidak ada salahnya jika sudah mempersiapkan segala kemungkinan agar tidak menyerah dalam setiap keadaan.

Tinggalkan Balasan