Shadow

Viral Alcohol Swabs Dijual Untuk Membersihak HP dan Alat Makan

Viral Alcohol Swabs Dijual Untuk Membersihak HP dan Alat Makan
Viral Alcohol Swabs Dijual Untuk Membersihak HP dan Alat Makan

Sebuah foto di sosial media menjadi perdebatan di dunia maya, terkait Alcohol Swabs yang diperuntukkan membersihkan ponsel dan juga alat-alat makan. Foto itu berupa tangkapan layar sebuah stories di Instagram yang menawarkan Alcohol Swabs. Postingan berupa sanggahan itu diunggah oleh akun Twitter bernama @wencod, berupa sebuah kotak boks berisi Alcohol Swabs dengan keterangan seperti berikut :

“Ini tissue alcohol, yang bisa buat bersihin handphone. Kita kan sering banget mainan handphone, tapi kita beli hand sanitizer untuk bersihkan tangan kita kan, tapi bukan handphone kita. Nah ini aku jual 45 ribu 1 box isinya 100. Ini nanti pasti harganya juga akan tinggi seperti masker. Yang mau beli bisa transfer ya, no booked. Karena ini barangnya cepat habis.”

Bantahan Postingan Alcohol Swabs

Sementara itu akun @wencod memposting foto itu dengan memberikan penjelasan, bahwa Alcohol Swabs bukan digunakan untuk membersihkan handphone. Berikut bantahan @wencod terkait postingan jualan Alcohol Swabs untuk pembersih handphone itu :

“Teman-temanku yang baik hati dan berakal, ini Alcohol Swabs memang mengandung 70% alcohol. Tapi tolong ya, peruntukannya bukan untuk membersihkan handphone apalagi alat-alat makan. Jadi aku kasih tahu saja ya ke kalian ini tuh fungsinya sebenarnya, biar tidak gampang dibohongi. Jangan sampai barang ini harganya jadi setinggi masker, karena barangnya ini krusial. Aku tidak bisa nge-rant ke pemerintah langsung, tapi aku akan lakukan sebisa mungkin.”

Postingan itu pun akhirnya viral dan membuat sejumlah perdebatan. Hingga artikel ini dibuat, postingan itu sudah mendapat 8.500 likes dan 11.800 komentar dari netizen. Lalu apa itu Alcohol Swabs, dan bagaimana penjelasan dari pihak yang kompeten?

Baca Juga :   Kabah Ditutup, Sekelompok Burung Putih Gantikan Tawaf

Apa itu Alcohol Swabs

Dilansir dari sejumlah website farmasi, Alcohol Swabs adalah produk di bidang kesehatan yang berupa sebuah tissue yang mengandung etil alkohol dengan kadar 70 persen, serta beberapa bahan kimia lainnya. Dalam kedokteran, istilah umumnya adalah kain seka.

Fungsi dari Alcohol Swabs yakni sebagai alat bantu antiseptik sebelum melakukan penyuntikan (pre-injection), saat pemasangan infus atau IV line, alat seka saat pengambilan darah, saat pelepasan jahitan serta berbagai tindakan-tindakan lain yang memerlukan antisepsis. Antisepsis sendiri merupakan tindakan pencegahan infeksi dengan menghambat atau juga membunuh mikroorganisme pada kulit atau jaringan tubuh yang lainnya.

Di pasaran, produk ini memiliki harga sekitar Rp 13.500, berupa box yang berisi 100 lembar kain seka.

Penjelasan Ahli Farmasi

Viralnya penggunaan Alcohol Swabs yang salah kaprah itu mendapatkan tanggapan dari sejumlah pihak yang kompeten. Salah satunya adalah Ketua Departemen Farmakologi dan Terapi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr. Wawaimuli Arozal, M.Biomed, PhD.

Dr Wawaimuli menjelaskan, jika penggunaan Alcohol Swabs pada alat-alat makan dan peralatan lain yang bukan dalam lingkup medis, sangat berbahaya. Kandungan pada Alcohol Swabs tidak boleh sampai termakan, karena bisa menyebabkan alergi hingga keracunan berujung kematian.

“Kandungannya ini adalah Isopropyl Alcohol pada kasa katun yang biasanya digunakan untuk membersihkan kulit yang akan disuntik atau pemasangan infus. Oleh karenanya tidak boleh sampai termakan. Resikonya bisa terjadi keracunan, misal mual, muntah, juga pusing. Jadi dikhawatirkan bisa tertelan jika digunakan pada alat-alat makan,” terang Wawaimuli.

Dia juga menyayangkan jika postingan itu bisa membuat harga Alcohol Swabs menjadi naik dan diburu orang-orang seperti pada Masker. Sebab, Alcohol Swabs sangat dibutuhkan oleh banyak pasien lain, seperti pasien yang membutuhkan suntikan insulin.

Baca Juga :   Air Sumur Bor Berwarna Putih Ini Hebohkan Warga

Tinggalkan Balasan

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian