Shadow

Viral: Guru Honorer Ditagih Permen Oleh Muridnya

Guru Honorer Ditagih Permen Oleh Muridnya
Guru Honorer Ditagih Permen Oleh Muridnya

Sebuah video berdurasi 31 detik menjadi viral di sosial media dan menjadi perbincangan netizen. Dalam video tersebut nampak sejumlah murid SD yang menagih janji gurunya untuk membelikan mereka permen. Namun, sang guru tidak bisa mengabulkan permintaan muridnya tersebut.

Diketahui, video tersebut awalnya menampilkan 5 orang anak SD tengah mengerumuni gurunya yang saat itu sedang sibuk dengan tugasnya. Selanjutnya, terjadi percakapan kecil dengan sang guru, yang membuat netizen terharu dan akhirnya video tersebut viral.

Ditagih Permen oleh Muridnya

Guru tersebut menanyakan alasan murid-muridnya itu mengerubungi dirinya. Salah satu murid kemudian bertanya, mengapa sang guru belum juga mendapatkan gaji. Lantas sang guru kembali bertanya, kenapa mereka begitu perhatian dengan dirinya yang belum menerima gaji. Kemudian sang guru menjadi terhenyak, karena mendengar dari jawaban anak didiknya yang menagih soal janjinya membelikan mereka permen.

Sempat kaget, akhirnya guru tersebut memberikan penjelasan, bahwasanya dia merupakan guru honorer, bukan seperti guru-guru kebanyakan di sekolah tersebut. Karena itu, gaji dirinya tidak sama dengan guru lainnya. Dia pun meminta anak-anak itu berdoa, agar gaji sang guru bisa segera dia terima untuk kemudian digunakan membeli permen yang mereka minta.

Reaksi Netizen Bikin Video Jadi Viral

Video ini diketahui pertama kali diunggah oleh akun Twitter @yanbudi18. Data terakhir ketika artikel ini dibuat, postingan tersebut telah ditonton sebanyak 14 ribu kali dan dikomentari sebanyak 4.500 kali. Dalam caption postingan tersebut, @yanbudi18 memberikan caption yang cukup membuat haru netizen :

β€œTeriris-iris rasanya, kalau ditanya seperti ini. Maafkan Pak Guru ya nak, Pak Guru cuman guru honorer (Yang tidak jelas dapat upahnya)”

Reaksi netizen pun bermacam-macam menanggapi postingan tersebut. Banyak dari netizen berharap agar pemerintah bisa lebih memperhatikan nasib para guru honorer, terutama tentang masalah kesejahteraan mereka. Ada juga yang berbagi pengalaman suka duka menjadi guru honorer, dan menceritakan bagaimana perjuangannya hingga diangkat menjadi PNS.

Menelusuri Kehidupan Sang Guru

Dari penelusuran yang dilakukan, pemilik akun @yanbudi18 ternyata adalah guru yang berada dalam video tersebut. Nama aslinya adalah Yan Budi Nugroho, seorang guru honorer yang bertugas di SDN Tridadi, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Baca Juga :   Kabah Ditutup, Sekelompok Burung Putih Gantikan Tawaf

Budi menjelaskan, bahwa video tersebut dia ambil pada tanggal 7 Maret yang lalu, ketika jam waktu istirahat sekolah. Sementara murid yang ada di dalam video itu merupakan anak didiknya yang duduk di bangku kelas 2. Menurut Budi, murid-murid di video itu memang terkenal sangat aktif, dengan sering bertanya saat pelajaran berlangsung. Dan murid yang menagih permen kepada Budi diketahui bernama Nurin.

Sebelumnya, Budi mengaku memang telah berjanji untuk membelikan mereka permen, ketika dirinya sudah mendapatkan gaji. Namun, karena gaji tak kunjung turun, dan mungkin murid-muridnya itu terlalu lama menunggu, mereka pun akhirnya bertanya.

Sebagai guru honorer, Budi mengaku selama ini memang tidak pernah ada kepastian kapan gajinya diberikan oleh pemerintah setempat. Biasanya tanggal 5, terkadang tanggal 10, bahkan bisa juga diberikan pada tanggal 19. Budi pun juga bingung, sejak bulan Januari hingga saat ini, gajinya sering mengalami keterlambatan.

Memang, masalah para pekerja honorer seringkali menjadi perbincangan netizen. Beberapa waktu yang lalu, sempat juga viral mengenai gaji seorang guru honorer. Dalam postingan tersebut, terlihat sebuah amplop, surat keterangan gaji dan sejumlah uang yang disteples. Jumlahnya pun membuat netizen merasa kasihan, karena hanya sebesar 35 ribu rupiah. Gaji itu adalah upah seorang guru honorer selama 1 bulan.

Tinggalkan Balasan