Shadow

Sederet Kawasan Wisata Ini Menjadi Rusak “Akibat Viral” Di Sosmed

Tempat Wisata
Tempat Wisata

Pastinya sudah pada tahu dong ya bagaimana kekuatan sosmed? Sesuatu yang dibagikan di salah satu akun sosial media, pastinya akan berdampak viral. Apalagi jika menyangkut berita atau hal-hal aneh yang fenomenal. Seperti 5 kawasan wisata yang sempat menghebohkan ini. Sayangnya, tidak semua hal yang menjadi viral di sosmed berujung dengan kabar baik.

5 kawasan wisata yang viral ini menjadi bukti nyata dampak negatif dari keviralan mereka di sosmed tersebut. Alih-alih menjadi tempat wisata berikutnya yang layak untuk dikunjungi, eh malah menjadi rusak dan hampir terbengkalai. Penasaran apa-apa saja tempat wisata tersebut? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Ranu Manduro

wisata viral ranu manduro
Wisata Viral Ranu Manduro Feeling Good – Sumber: Youtube Gigih Prayogo

Baru-baru ini tepatnya pertengahan Februari 2020 lalu, kita dihebohkan dengan sebuah video yang menyoroti indahnya sebuah pemandangan perbukitan. Belakangan diketahui tempat tersebut adalah Ranu Manduro yang ada di wilayah Mojokerto. Kawasan bekas pertambangan aktif ini menjadi padang rumput nan subur karena musim hujan melanda. Namun sayangnya, banyaknya pengunjung yang berkali-kali lipat mendatangi kawasan ini semenjak viral malah berdampak buruk. Pengunjung yang datang tidak menjaga kebersihan kawasan wisata viral tersebut hingga menyebabkan sampah bertebaran di mana-mana. Hingga akhirnya ditutup semenjak tanggal 1 Maret 2020.

2. Negeri Di Atas Awan Gunung Luhur

Negeri Di Awan Gunung Luhur
Negeri Di Awan Gunung Luhur – Sumber: fikri ilman youtube channel

Awal mula kemunculan tempat wisata yang ada di Banten ini juga sempat menghebohkan publik. Bagaimana tidak, tempat ini tergolong unik dan menarik. Dimana yang terlihat hanyalah kabut dan pemandangan yang masih sangat asri. Tapi semenjak tempat ini menjadi viral, ada banyak debu yang memadati kawasan tersebut. Sebab, pengunjung yang datang kesana sangat ramai membawa kendaraan bermotor. Hingga menghasilkan debu pekat akibat jalanan yang masih belum diaspal dan kemacetan. Nasib kawasan wisata viral yang satu ini juga sama, yakni ditutup sementara untuk umum.

Baca Juga :   Tips Pergi Travelling dengan Low Budget

3. Amaryllis Flower Garden – Jogja

Amarilis Flower Garden
Amarilis Flower Garden, Sumber: Dan MotoVlog Jogja

Nah, tempat wisata yang mendadak viral yang satu ini juga amat disayangkan kerusakannya. Berkat tangan-tangan jahil pengunjung, kebun bunga lili yang bermekaran di awal musim hujan ini menjadi rusak dan berantakan. Pasalnya, kebun bunga yang amat sangat indah ini dijadikan sebagai tempat berfoto ria bagi ribuan pengunjung yang datang. Tidak hanya itu, mereka melakukan beragam pose sampai ada yang masuk dan menginjak bungah hingga merusak tanaman bunga disana. Bahkan ada yang tidak segan-segan mencabut dan memetik bunga-bunga tersebut. Sangat disayangkan sekali kebun bunga nan indah ini hanya butuh beberapa hari saja untuk dirusak oleh tangan-tangan manusia.

4. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani - Sumber: tripadvisor.comMungkin, kawasan wisata yang satu ini sudah viral semenjak bertahun-tahun silam. Hanya saja, pengunjung yang masih suka berdatangan ini tidak pandai untuk menjaga daerah gunung rinjani dengan baik. Jika kita kesana, maka kita akan melihat pemandangan yang mencolok. Ya! Banyaknya sampah yang bertebaran di mana-mana. Semenjak beberapa tahun belakangan, kontribusi sampah di gunung ini meningkat tajam. Seharusnya, sebagai pengunjung yang baik kita harus berusaha menjaga kelestarian dan kebersihan alam di sekitar gunung tersebut, kan?

5. Gililawa

Kebakaran Gililawa
Kebakaran Gililawa – Sumber : unsplash.com

Satu lagi tempat wisata viral yang berujung kepada kerusakan akibat tangan-tangan jahil pengunjung. Daerah di NTT ini dahulunya adalah daerah yang indah dengan hamparan rumput yang menghijau dan sangat asri. Sayangnya, pernah terjadi kebakaran hebat yang diduga akibat ulah pengunjung yang ceroboh membuang puntung rokoknya. Peristiwa ini terjadi tepatnya di tahun 2018 silam. Hingga menyebabkan kerusakan lahan yang cukup parah.

Amat disayangkan, ya gaes..Cobalah bijak untuk mengunjungi sebuah kawasan yang viral sekalipun. Karena, kitalah yang akan menjaga, jika tidak, siapa lagi?

Baca Juga :   4 Kuliner Unik Asal Indonesia Ini Paling Populer

 

Tinggalkan Balasan

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian