Shadow

Yuk Kepoin Hal-hal Unik di Turki!

Turki

Turki merupakan salah satu negara yang mampu memberikan daya tarik wisata, yang tentunya menarik sekali untuk dikunjungi. Hal tersebut bisa dilihat mulai dari adanya tempat yang mengandung banyak bukti sejarah, ornamen yang berasal dari arsitek-arsitek pilihan, sehingga nampak sekali kemegahannya, adat atau tradisi dan budaya yang berkembang di masyarakat serta santapan kuliner lezat yang unik dan hanya ada di Turki. Tidak heran jika pada akhirnya negara Turki ini menjadi salah satu negara dengan pusat destinasi liburan yang difavoritkan oleh para wisatawan di seluruh dunia. Tidak terkecuali warga masayarakat yang ada di Indonesia. Bahkan demi dapat melancong ke negara asal Kemal Ataturk ini, masyarakat tersebut sampai ada yang rela mengeluarkan banyak ongkos.

Bicara lebih lanjut terkait negara Turki, ada banyak hasil ulasan mengenai hal-hal unik yang ada di dalamnya. Ulasan-ulasan tersebut beberapa ada yang merupakan curahan hati dari wisatawan yang telah berkunjung ke Turki, ada juga ulasan untuk membantu para pelancong jika ingin pergi ke Turki, termasuk soal budgeting, wisata-wisata yang bisa dituju, dan makanan yang murah meriah. Berikut ini beberapa ulasan terkait dengan negara Turki, antara lain:

  1. Kuliner-kuliner Khas Turki

makanan unik kebab turki
Makanan Khas Turki – Kebab

Kuliner yang berasal dari Turki pastinya diwariskan dari sejak kekuasaan Ottoman, yakni yang sering digambarkan memiliki perpaduan antara cita rasa dari Turki, Yunani, Persia, Arab, Armenia, serta cita rasa khas masakan dari Eropa bagian barat. Ada yang khas dari masing-masing masakan Turki yang didasarkan pada daerah diciptakannya. Misalkan saja masakan yang berasal dari Turki bagian utara biasanya berbahan baku ikan dan jagung. Sementara untuk masakan yang berasal dari wilayah tenggara-Urfa, yang terkenal adalah Kebab dan Mezes. Adapun untuk bagian makanan penutup ada yang namanya Baklava dan Kunefe.

Baca Juga :   10 Spot Sunset Terbaik Di Kota Jogja, Cocok Untuk Menemani Waktu Senja

Di Turki barat, pohon Zaitun yang diolah menjadi minyak digunakan sebagai bahan dasar untuk memasak warga masyarakat. Sebagaimana yang kita tahu bahwa minyak zaitun memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin, sehingga sangat baik dikonsumsi tubuh. Kemudian yang menarik lagi adalah karakteristik yang dimiliki oleh masakan khas Mediterania yang sangat dominan  dengan sayur mayur, ikan dan juga bumbu masak. Selain itu di Turki bagian Anatolia Tengah jugaada beberapa menu kue yang sangat terkenal seperti kue Gozleme, Keskek, dan Manti. Kue-kue tersebut diproduksi di daerah Anatolia dan memiliki cita rasa yang membumi.

  1. Menabur Gandum

petani gandum
Petani Gandum

Hal unik yang bisa kita temukan di Turki selanjutnya adalah tradisi yang diwariskan oleh Umar Bin Abdul Aziz. Di mana tradisi tersebut sampai sekarang masih dipegang teguh dan dilaksanakan oleh warga masyarakat muslim Turki. Adapun bentuk dari tradisi tersebut yakni tabur benih gandum, yang konsisten dilaksanakan di puncak bukit tepat ketika musim dingin tiba. Hal tersebut selalu dilakukan dalam rangka memberi sodaqoh kepada para burung yang lapar dengan biji-biji gandum yang disebar. Tradisi ini juga sebagai bentuk syukur masyarakat atas nikmat yang telah diberikan Tuhan kepada mereka. Dan uniknya lagi adalah, tradisi ini sudah dilakukan oleh masyarakat Turki sejak 1200 tahun yang lalu.

  1. Mengadu Unta

adu unta onta turki
Adu Unta Turki

Adu unta sangat populer di sepanjang pantai barat Turki, dimana unta jantan dari desa setempat saling berhadapan di stadion yang berdebu. Hari-hari menjelang pelaksanaanya adalah hari yang menyenangkan bagi rakyat Turki. Unta-unta itu dihiasi dengan karpet dekoratif, sadel berukir dan lonceng, dan berjalan melalui jalan-jalan, diiringi dengan musik dan tarian. Pemilik unta mengenakan topi kotak-kotak, syal di leher mereka, jaket, celana khusus dan sepatu bot dalam bentuk seperti akordeon. Pada malam sebelum turnamen, Hali Gecesi atau Rug Night diadakan, yang dihadiri oleh pemilik unta dan pecinta adu unta di mana mereka bertemu teman baru dan kenalan lama, menikmati makanan, minuman, dan biasanya membuat keriangan. Tradisi ini merupakan salah satu tradisi yang selalu dilakukan di Turki. Unta yang diadu adalah yang jantan. Adu unta sendiri aman dilakukan karena tidak pernah menjatuhkan korban, selain hanya penonton yang terkena air liur unta.

Baca Juga :   Sederet Kawasan Wisata Ini Menjadi Rusak "Akibat Viral" Di Sosmed

Tinggalkan Balasan